RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI PENGONTROLAN DATA AUDIT DAN KRONOLOGI CLAIM BERBASIS WEB
Kata Kunci:
Audit Supplier, Monitoring Supplier , Claim, Quality Asurance, CustomerAbstrak
Quality Assurance bertanggung jawab untuk menjamin kulitas produk yang telah sampai kepada customer dimulai dar iawal proses pemilihan bahan baku yang berkualitas sampai pada proses produk telah berada di tangan customer pada proses awal kegiatan, quality assurance melakukan persyaratan wajib bagi perusahaan untuk memenuhi syarat yang diberikan oleh customer yaitu audit supplier, audit supplier merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus dijalankan oleh perusahaan yang telah melakukan sertifikasi sistem manajemen mutu (baik itu ISO 9001 maupun IATF 16949). Adanya kegiatan audit ini bertujuan untuk menjamin tercapainya konsistensi mutu dan untuk memenuhi spesifikasi atau persyaratan pelanggan. Kegiatan audit juga harus disertai proses monitoring hasil observasi audit, dimana proses ini merupakan tahap lanjutan setelah pelaksanaan audit. Monitoring ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua hasil observasi audit baik poin CAR (Corrective Action Request) maupun OFI (Opportunity For Improvement) bisa ditindaklanjuti oleh supplier. Dengan demikian, supplier bisa terus konsisten menjalankan sistem manajemen mutu dan menghasilkan produk berkualitas yang tentunya akan sangat berdampak pada kualitas produk pelanggan. Namun, karena terlalu banyak jadwal kunjungan audit yang harus dilaksanakan beserta poin temuan audit (CAR/OFI) yang harus difollow-up, hal ini sering menyulitkan tim auditor untuk melakukan pemantauan secara efektif dan terkadang proses follow up menjadi terlewat dari tanggal yang sudah ditentukan. Untuk itu perlu dibuatkan sistem monitoring audit supplier dengan menggunakan laravel agar proses pengontrolanhasil observasi audit lebih terpantau. Ketika tahapan telah mencapai proses akhirya itu pengiriman produk kepada customer maka quality assurance masih harus menjamin produk tersebut dapatdigunakan dengan baik oleh customer, apabila terjadi kendala ketika produk telah sampai kepada customer maka customer dapat menginformasikan kendalatersebutkebagian penanganan claim, penanganan claim merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menangani claim yang telah diterima setelahitu melakukan proses analisa kepada produk. Penanganan claim bertujuan untuk menjamin produk yang telah di kirim masih dalam tanggung jawab perusahaan. Dalam proses penangan claim respon kepada customer dan proses penanganan claim tersebut harus dilakukan dengan cepat agar customer tidak merasa bahwa perusahaan mengabaikan claim yang diberikan. Namun, pada proses yang sedang berjalan masih ada kendala karena file yang dibutuhkan tidak sedikit dan proses penanganan claim tidak hanya dilakukan oleh satu departemen, hal ini sering menjadi kendala ketika terjadi claim terkadang proses penanganan claim tersebut terlewati dan hampir rmencapai batas waktu yang diberikan customer karena ketidaktahuan staff bahwa claim mana lagi yang belum selesai dikerjakan. Untuk itu perlu dibuatkan sistem monitoring penanganan claim dengan menggunakan laravel agar proses penanganan claim lebih terpantau.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Instrumentasi dan Teknologi Informatika (JITI)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.